Tips Memperkuat Sinyal GSM

Pernahkah Anda mengalami problem dengan sinyal smartphone Anda? Iya benar, sinyal yang tiba – tiba putus saat Anda melakukan komunikasi atau browsing adalah problem yang dialami oleh tidak sedikit masyarakat di Indonesia. Hal tersebut mungkin dikarenakan oleh layanan operator seluler yang sedang terganggu atau bisa juga karena material bangunan di rumah Anda memblokir sinyal seluler.

Jaringan internet di Indonesia memang sering dikeluhkan banyak orang. Mulai dari ketidakstabilan jaringan internet itu sendiri bahkan sulitnya mendapatkan akses jaringan saat berada di suatu daerah. Hal ini sangatlah buruk, karena biasanya, pengguna tidak bisa melakukan aktivitas telepon sampai menghubungkan dengan smartphone dengan internet.

Namun Anda tak perlu khawatir karena di dalam artikel ini akan disampaikan bagaimana cara mengatasi problem pada Sinyal gsm di smartphone. Berikut ulasannya untuk Anda.

Cara Mudah Memperkuat Sinyal di Smartphone

1. Memastikan Jaringan Operator (Networks Operators)
Langkah-langkah awal yang harus Anda lakukan untuk melakukan cara memerkuat sinyal ponsel Android Anda dengan masuk ke menu Settings lalu pilih Wireless & Networks, kemudian Anda bisa pilih pilihan Mobile Networks lalu tap pilihan Networks Operators.

2. Ubah pengaturan pilihan jaringan
Anda bisa membuat pengaturan jaringan dengan mengetik *#*#4636#*#* pada home screen Android Anda. Dalam menu ini terdapat beberapa pilihan berisi informasi telepon, informasi baterai, history baterai, statistic pemakaian, dan juga informasi WiFi. Masuk ke informasi telepon kemudian scroll sampai bawah. Nanti, di sana akan tertera “Atur Jenis Jaringan yang Dipilih”. Anda bisa memilih jenis jaringan di menu ini. Untuk menstabilkan sinyal 3G pada jaringan Android, pilih saja WCDMA Only. Jika sinyal 3G/WCDMA tidak tersedia di daerah Anda, silahkan pilih jaringan 2G/EDGE.

Silahkan buka “locked sosmed” kami …

[g_locker type=”social”]

3. Gunakan signal booster
Beberapa operator seluler biasanya menawarkan perangkat signal booster yang dapat menguatkan sinyal jaringan seluler. Misalnya, jika sinyal smartphone Anda hanya satu bar, dengan perangkat ini sinyal bisa bertambah.

Namun disarankan untuk tidak menggunakan signal booster secara ilegal. Bagi yang melanggar ketentuan ini akan dikenakan sanksi sesuai dengan Pasal 55 UU Telekomunikasi berupa pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan atau denda paling banyak Rp 600 juta.

4.Pakai microcell pole (MCP)
MCP adalah pengganti menara macro atau Base Transceiver Station (BTS) yang memakai jaringan frekuensi udara, sementara MCP berbasis fiber optik yang fungsinya sebagai penguat sinyal.

MCP sendiri merupakan perangkat yang terbilang masih baru di Indonesia sehingga regulasi pemasangan perangkat ini baru diatur oleh undang-undang. Peraturan seputar MCP masuk dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.96/2014 tentang Pita Lebar Indonesia 2014-2019.

5. Aplikasi penguat sinyal
Selain menggunakan perangkat penguat sinyal, Anda juga bisa mengandalkan aplikasi penguat sinyal.
contoh – contoh aplikasi penguat sinyal :

  • Network Signal Strength

Network signal strenght adalah Aplikasi android penguat sinyal terbaik yang dipakai lebih dari 100.000 pengguna android. Aplikasi ini cukup berguna untuk menampilkan informasi kekuatan sinyal dari ponsel android. Aplikasi ini juga dapat menampilkan sinyal dalam 1×1 ata 2×2 yang tentunya menghemat ruang.

  • Network Booster Free

berfungsi untuk mengoptimalkan sinyal seluler yang lebih baik. Aplikasi ini diklaim mampu mengidentifikasi sinyal terbaik yang terpancar dari BTS operator seluler yang ada di sekitar Anda.

  • Network Signal Speed Booster 

berfungsi untuk mendorong performa smartphone Android Anda dalam melacak dan mendapatkan sinyal jaringan seluler yang lebih baik. Meski sejumlah pengguna menilai aplikasi ini tidak terlalu manjur untuk mengoptimalkan jaringan data internet, namun aplikasi cukup bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas telepon dan pesan singkat.

[/g_locker]

Itulah sedikit informasi yang bisa di sampaikan dan dapat membantu Anda untuk memperkuat Sinyal gsm di smartphone. Selamat mencoba!

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

~ HITS Radio Streaming ~