Rahasia Memperluas Jangkauan Hotspot RTRWNET

IFANET INDONESIA , RTRWNET ( 18/05/2020 ) – Meneruskan dari artikel kami dengan judul ” Fakta atau Mitos : Jangkauan Hotspot RTRWNET Hingga 1 Km ” dimana kami memberikan clue bahwa sinyal wifi hotspot jangkauannya sekitar 50 sampai 100 meter saja untuk dapat diterima dengan baik oleh perangkat HP maupun Laptop.

Penyebab Sinyal Hotspot Tidak Bisa Jauh

  • Karena sinyal wifi hotspot bekerja pada range frekuensi 2,4 Ghz ( Fresnel Zone Lebar )yang sangat rentan terhadap pengaruh interferensi ( gangguan ) dari berbagai sumber, misalnya halangan tembok, atap seng yang mengandung besi, pohon dan bahkan barang elektronik disekitar.
  • Untuk Frekuensi 2,4 Ghz di Indonesia hanya berlaku mulai dari Channel 1 ( satu ) sampai Channel 11 ( sebelas ), dimana dalam range itu hanya 3 channel yang dapat kita gunakan agar terhindar dari gangguan sinyal lain ( interferensi ), yaitu Channel 1, 6 dan 11
  • Faktor lain adalah sinyal hotspot memberlakukan sistem pancar terima sinyal ( RX/TX ) yang stabil dan Daya Receive ( RX ) HP pada prinsipnya tidak terlalu kuat mengingat disesuaikan dengan protokol kesehatan alat komunikasi agar tidak terjadi gangguan pada bagian kepala manusia khususnya otak saat HP didekatkan pada telinga.
  • Chipset yang tertanam pada masing-masing perangkat HP dan Laptop bermacam-macam dimana tingkat RX nya pun berbeda, ada yang kuat dan lemah.

Dari kelima faktor diatas, jelas bahwa bukan sinyal hotspot yang tidak kuat melempar sinyal ( Aksespoint ) tapi pada prinsipnya perangkat HP dan Laptop yang dibatasi daya terima dan pancar ( TX Power ) kembalinya ke Antena Station pemancar Hotspot RTRWNET kita.

Solusi Memperluas Sinyal Hotspot

Membuat beberapa station pancar ulang atau yang biasa disebut dengan STASIUN REPEATER agar sinyal hotspot kita lebih dekat dengan pelanggan. 

Terkadang beberapa pengusaha Hotspot RTRWNET berprinsip, kalo begitu .. kita cari Aksespoint yang Power TX nya besar agar bisa menjangkau lebih jauh. Ini prinsip yang salah besar. Karena memang sinyal akan terpancar jauh saat Anda menggunakan Aksespoint dengan TX Power besar, namun perlu diingat bahwa setelah sinyal yang diterima oleh HP atau Laptop pelanggan tentunya akan diteruskan lagi ke Antena anda pada posisi jauh tersebut. bukan???

Maka kembali lagi pada TX Power perangkat HP atau Laptop. Apakah mampu memancarkan kembali ke Anda anda ?? Pastinya belum tentu mungkin atau bahkan nyaris MUSTAHIL !!!

Ini prinsip dasar sinyal wireless yang wajib anda pahami, agar Anda mudah menentukan perangkat yang tepat dipergunakan sebagai aksespoint Hotspot RTRWNET nantinya.

Semoga Bermanfaat,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *