Mengenal Tehnologi Wireless MiFi

Wireless Mifi adalah perangkat yang merupakan perpaduan antara modem, perangkat Wifi  dan Router. Jadi Mifi atau mobile wifi adalah satu perangkat dengan beberapa fungsi; fungsi modem, fungsi wifi client, fungsi router dan juga bisa dijadikan sebagai media penyimpanan data atau data storage.

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang apa dan bagaimana perangkat mifi itu.

1.    Asal dan arti kata mifi
Perusahan pembuat mifi, Novatel Wireless, adalah perusahaan pertama yang menamai produk mereka dengan nama Mifi. Novatel Wireless tidak pernah memberikan penjelasan resmi arti dibalik nama mifi. Kata mifi kemudian diidentikkan dengan istilah Mobile Wifi atau mobile wifi hotspot, My Wifi dan sebagainya.

2.    Fungsi modem
Mobilitas Mifi ditentungkan dengan kemampuan Mifi sebagai perangkat yang modem-nya terintegrasi di dalamnya dengan didukung oleh koneksi tanpa kabel atau wireless melalui jaringan GSM 3G, jaringan CDMA, jaringan GSM 2G dan jaringan LTE 4G. Mifi tidak memiki koneksi kabel untuk sambungan modem dan juga pada mifi  tidak lagi terlihat pemandangan di mana modem USB yang tertancap seperti pada perangkat Wifi Router. Perangkat modem terintegrasi menjadi satu kesatuan dengan perangkat Mifi secara keseluruhan.

3.    Jenis koneksi wireless yang didukung oleh Mifi
Sebuah perangkat Mifi mampu mendukung modem dengan berbagai jenis koneksi wireless mulai dari koneksi generasi GSM 2G sampai generasi 4G Global LTE. Secara umum koneksi wireless yang disupport baik itu untuk koneksi modem maupun koneksi ke wifi klien adalah sebagai berikut.

a.    Global LTE adalah koneksi 4G
b.     CDMA 1x EV-DO Rev. A/0
c.    GSM 3G  HSPA+/UMTS
d.     GSM 2G/ 2.5G  EDGE/GPRS
e.     Wi-Fi 2.4 GHz dan 5.0 GHz

4.    Koneksi ke klien
Selain bisa terhubung langsung dengan komputer klien menggunakan kabel USB, perangkat Mifi juga bisa terkoneksi dengan perangkat klien menggunakan koneksi wifi. Dengan fakta  ini maka semua perangkat yang memiliki kemampuan koneksi dengan sinyal wifi bisa menggunakan Mifi  untuk  konek ke internet hanya dengan menggunakan satu sambungan atau langganan ke ISP.

Frequency sinyal wifi yang dipakai oleh Mifi adalah 2.4 GHz dan 5.0 GHz dengan standar IEEE 802.11 a/b/g/n. namun ada keterbatasan dari Mifi bahwa jumlah klien yang terkoneksi sangat terbatas berkisar antara 5 sampai  15 klien saja.

Jangkauan sinyal Mifi pun tidak begitu jauh hal ini karena faktor hardware-nya yang sangat  terbatas terutama antenna wifi yang terpasang secara internal dan tidak memiliki daya pancar yang besar, bandingkan dengan  jangkauan sinyal Wif Access Point yang bisa mencapai puluhan bahkan sampai ratusan meter karena didukung oleh pemakaian antenna dengan power yang tinggi.

5.    Sistem pengaman jaringan wifi pada perangkat Mifi
Sistem pengamanan pada konesi wifi dari Mifi terdiri atas beberapa fitur antara lain adalah:
• Parental controls
• Wi-Fi security (WPA/WPA2)
• Wi-Fi Protected Setup (WPS)
• Wi-Fi privacy separation
• VPN pass-through
• MAC address filtering
• NAT firewall
• Port filtering
• Security hardened web interface
• Password hash
• Anti-CSRF
• Session timeout
• Incorrect password lockout

6.    Mobilitas yang tinggi
Ada beberapa faktor yang membuat perangkat Mifi begitu tinggi mobilitasnya antara lain adalah:

a.    Dimensi
Dimesi ukuran mifi sangat kecil, kurang lebih panjangnya 10cm, lebar 6 – 7cm dan tebal sekitar 1-3cm.

b.    Ketahanan Baterei
Perangkat mifi memiliki sumber listrik dari baterei yang terpasang dengan kemampuan atau daya tahan yang lama bisa sampai 20 jam dengan kapasitas atau daya charging 4000 mAh Li-Ion battery.

Dukungan dari dua aspek tersebut yaitu dimensi yang kecil sehingga mudah dibawa ke mana-mana serta ketahanan baterei yang lama masa pakainya menjadikan peralatas mifi begitu usefull terutama bagi yang sering bepergian dengan membawa berbagai macam gadget, mulai dari laptop, tablet dan smartphone.

Sebagai kesimpulan, Mifi adalah perangkat modem internet yang bisa langsung membagi-bagikan  koneksi internet  kepada beberapa klien-klien yang terkoneksi secara wifi.
Perangkat Mifi merupakan perangkat yang sangat tepat untuk menyediakan koneksi internet kepada beberapa kliennya hanya dengan satu sambungan atau langganan ke ISP, namun wifi memiliki tingkat mobilitas yang tinggi karena mudah dibawa-bawa dan sumber energi listriknya bisa menggunakan baterei.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *