Mengatasi Susah Buka Blogspot di Speedy

Beberapa ISP, seperti Telkom Speedy, mengimplementasi teknologi transparent DNS di jaringannya. Secara ringkas; semua request DNS (perubahan dari domain name menjadi IP address) itu ditangkap oleh ISP, dan kemudian diarahkan ke server mereka sendiri.

Sialnya, tidak semua ISP itu becus dalam implementasi DNS nya. Speedy misalnya, sudah cukup terkenal karena DNS servernya sering lambat luar biasa dalam update nya.

Akibatnya? Jika Anda mempunyai website baru, maka kadang baru akan bisa diakses/susah diakses oleh para pelanggan Speedy setelah 1 minggu ….. ­čÖü ┬ápadahal para pelanggan ISP lainnya sudah bisa mengaksesnya).

Atau, jika website Anda pindah “rumah” / pindah ke webhoster lainnya; maka mendadak website Anda tidak akan bisa diakses oleh para pelanggan Speedy – karena server DNS mereka masih menyimpan alamat website Anda yang lama.

Setelah sekian lama kami melakukan eksperiment, akhirnya kami menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi susah membuka blogspot / susah membuka situs blogger akibat dari penerapan transparent DNS oleh Telkom Speedy . Caranya sebagai berikut :

[g_locker type=”social”]

  1. Buka situs www.proxynova.com, lalu perhatikan IP : Port dari Wilayah Indonesia yang berwarna hijau. Batang hijau menandakan sinyal proxy server dari Ip tersebut itu bagus.
  2. Setelah anda catat IP dan Port nya, silahkan masukkan pada “option” mozilla browser atau browser lainnya pada bagian Options> Advanced> Network> Settings
  3. Masukkan IP dan Port yang anda catat tadi pada “manual proxy configuration”
  4. Lalu berikan tanda centang pada kotak kecil yang terdapat tulisan “user this proxy for all protocols”
  5. Lalu …Apply, OK

[/g_locker]

Cara diatas sudah kami buktikan sangat ampuh untuk menangkal penerapan Tehnology Transparent DNS dari Telkom Speedy.

Semoga bermanfaat,-

 

 

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *