Lebih Dalam Seputar Speedtest Internet, Ping dan Jitter

IFANET INDONESIA, TIPS TRIK (01/07/2020)- Para pengguna internet tentu tidak asing lagi seputar istilah speedtest, ping dan jitter. Untuk mengetahui seberapa besar kecepatan internet yang diperoleh tentunya kita akan melakukan speedtest pada koneksi internet yang sementara kita pakai. Biasanya secara umum anda akan menggunakan aplikasi SPEEDTEST.NET atau tempat speedtest lainnya.

Kalau download cepat, pasti koneksi lancar jaya. Padahal tidak juga. Kecepatan download hanyalah satu bagian cerita dari koneksi internet. Hal ini nampak ketika anda melakukan tes kecepatan internet. bahwa uji coba berlangsung untuk tiga hal, yaitu Ping (latency), Download, dan Upload.

Untuk download dan upload, Anda mungkin sudah tahu. Kali ini kami akan membahas bagian lain koneksi internet. Ya, soal ping atau latency.

Apa itu PING ?

Ping adalah alat jaringan untuk mengukur reaksi server. Sedangkan latency adalah ukuran waktu dari reaksi koneksi internet tersebut. Seberapa cepat anda mendapat respon setelah kamu mengirim perintah atau permintaan. Kecepatan download dan upload bisa anda artikan sebagai hubungan satu arah. Sedangkan ping mengukur kecepatan proses bolak balik data alias dua arah. Semakin cepat, berarti koneksi internet makin responsif.

Lalu, pengukurannya berbeda dengan download dan upload.

Kalau download dan upload, semakin besar angkanya semakin bagus. Ukuran 20Mbps—dibanding 4Mbps—berarti download cepat atau upload cepat.

Sedangkan ping berlaku kebalikannya. Satuannya adalah miliseconds (ms). Semakin kecil nilainya, semakin responsif koneksi internet.Karena latency penting dalam bermain game online game, pengembang video game biasanya membuat deteksi ping sendiri di dalam game buatannya.

Apa itu JITTER ?

Jitter juga berhubungan dengan latency dan ping. Secara umum, jitter adalah jumlah rata-rata variasi perubahan latency yang terjadi. Jitter juga menggunakan satuan miliseconds.

Nilai jitter yang tinggi menunjukkan ada kendala dalam koneksi yang menyebabkannya tidak stabil. Entah karena banyak yang mengakses (dijalur yang sama, jadi antri), kualitas koneksi menurun, dll. Akses untuk sekedar browsing internet tidak terlalu terpengaruh jitter. Tapi sesuatu yang berhubungan dengan streaming — entah video, musik, game — cukup terpengaruh.

Sebagai contoh, ketika kamu mau main game online, kamu lihat kondisi ping bagus. Tapi dalam kenyataannya, saat bermain, bisa saja tiba-tiba muncul glitch atau lag. Hal ini bisa disebabkan karena ping tidak stabil alias jitter cukup tinggi.

Itulah sebabnya kenapa download cepat bukanlah segalanya dalam koneksi internet. Di era internet yang semakin interaktif, nilai latency dan kualitas koneksi yang bagus (berhubungan dengan jitter) akan semakin berharga.

Jadi kesimpulan, sebuah koneksi yang bagus bukan hanya ditentukan oleh besarnya download dan upload saja, tapi juga ditentukan oleh seberapa kecil PING dan JITTERnya untuk mendapatkan koneksi internet yang betul-betul stabil.

Anda butuh koneksi internet yang Cepat dan Stabil di Kota Makassar ? Silahkan menghubungi kami di +62812-4298-9993

#ispmurahmakassar, #ispterbaikmakassar, #promoispmakassar, #ispinternethotel, #internethotelmakassar

Semoga Bermanfaat,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *