Internet Stabil untuk Server Sekolah di Indonesia

IFANET INDONESIA, INTERNET SEKOLAH (23/07/2020) – Kebutuhan Internet Stabil untuk Sekolah menjadi hal yang banyak dicari oleh para Pengurus Sekolah di Indonesia saat ini. Setelah ditetapkannya kondisi “New Normal” di Indonesia, Dunia Pendidikan harus tetap berjalan dengan menggunakan sistem belajar online ( daring ). Hampir setiap sekolah memikirkan seputar bagaimana cara dan bentuk belajar mengajar yang efektif tanpa melalui koneksi Sosmed ( Whatsapp, Google Drive, dsb ) agar pertemuan antara Guru Bidang Study serta siswa-siswinya termasuk dalam pengontrolan absensi serta pengumpulan tugas bisa lebih efektif hanya melalui 1 ( satu ) link server saja.

Sekolah-sekolah di Indonesia sudah banyak yang menggunakan Server Moodle sebagai system belajar mengajar yang terpusat dan lebih efektif. Namun tidak sedikit yang mendapatkan kendala saat koneksi terjadi antara siswa dan guru yang posisinya berada dirumah masing-masing.

Penyebab Kendala Belajar Daring

  • Server Moodle Sekolah menggunakan Spesifikasi Server yang kurang memadai
  • Tidak diperhitungkan jumlah koneksi online siswa yang akan berinteraksi dengan kapasitas internet yang terkoneksi pada server sekolah tersebut yang rata-rata menggunakan koneksi berasal dari telkom ( indi**me ) misalnya.
  • Tidak siapnya sekolah dalam menghadapi sistem belajar Daring, dimana Personil IT nya pun mungkin tidak ada.
  • Kurangnya sosialisasi antara Pihak Sekolah dan Siswa untuk menggunakan cara yang tepat dan menggunakan biaya murah, dimana sistem  Daring dengan Siswa menggunakan koneksi Internet berbasis kuota yang berasal dari berbagai Provider Seluler.

Solusi Tepat Belajar Daring untuk Sekolah

  • Server Sekolah sebaiknya menggunakan koneksi internet yang stabil ( internet Dedicated ) atau bisa menggunakan internet broadband, namun wajib menggunakan Layanan VPN guna memperoleh kecepatan dan kualitas internet yang baik, sehingga sistem Daring Server Sekolah bisa terkoneksi dengan para siswa yang menggunakan Internet Kuota dari berbagai macam Provider Seluler ( Telkomsel, Indosat, Xl, Tri, dan lainnya )
  • Konsultasikan kebutuhan Bandwidth untuk Server Moodle Sekolah pada Perusahaan Internet ( ISP Provider ) yang anda gunakan, utamanya seputar kapasitas Bandwidth Upload serta Spesikasi Server yang tepat untuk digunakan.
  • Gunakan Internet Provider yang handal serta mempunyai koneksi internet ke Server lokal Indonesia ( Gedung IDC Jakarta ) dan Server Singapore ( Singtel ) yang stabil.
  • Untuk menguji, apakah Provider Internet anda cukup handal untuk dapat dijadikan mitra . Silahkan lakukan speedtest pada www.speedtest.net, lalu rubah nama server ke Singtel Singapore. Jika koneksi PING nya dibawah 30 millisecond ( <30ms ) maka, ISP tersebut tergolong stabil dan layak untuk anda gunakan selain cukupnya besar paket Internet yang anda miliki.

Untuk informasi seputar Berlangganan Internet Sekolah di kota Makassar atau Berlangganan Koneksi VPN untuk anda yang berada diluar Kota Makassar, silahkan menghubungi kami di +62812-4298-9993

Semoga Bermanfaat,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *