Cara Remote Mikrotik Dengan MQS Terbaru

Jasa Setting Mikrotik, ifanetindonesia.comMikrotik MQS adalah alat bantu untuk administrator jaringan yang memungkinkan Anda mengelola perangkat MikroTik ( bisa juga untuk perangkat selain MikroTik) Dari ponsel cerdas Anda melalui koneksi Wi-Fi. MQS atau Mobile Quick Setup merupakan sebuah alat yang didesain untuk kebutuhan remote router Mikrotik secara mobile.

MQS ini bukanlah perangkat Router, AP, ataupun perangkat Switch. Namun MQS ini adalah perangkat atau alat yang bisa kita gunakan untuk meremote perangkat Router Mikrotik secara mobile. Ukuran dari MQS ini terbilang cukup kecil sehingga pas di saku dan memudahkan kita untuk dibawa kemanapun kita pergi, ukuran dari MQS ini lebih besar sedikit jika dibandingkan dengan baterai 9V.

Powering
Untuk menggunakan Perangkat ini, ada beberapa opsi yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan powering perangkat MQS, sebagai berikut:

  1. PoE-in (support 5-30 V).
  2. Micro USB 5V (di rekomendasikan menggunakan Power Bank dengan Output>2.1A).

Selain fitur PoE-in yang terdapat pada perangkat ini, ternyata pada port ethernet dari perangkat MQS ini juga mendukung PoE-out. Sehingga kita bisa menghidupkan perangkat lain seperti wireless outdoor yang sudah mendukung PoE-in pada port ethernetnya. Ketika powering menggunakan Powerbank (5V) maka kita bisa menghidupkan perangkat lain dengan total output 12v 400mA.

LED Indicators

  1. Power LED – Ketika menerima power maka LED ini akan menyala.
  2. User LED – Sebagai indikasi ketika kita melakukan reset, sama seperti pada perangkat Routerboard.
  3. M2 – Ketika perangkat dikonfigurasi mode “station” maka LED ini akan menyala.
  4. M1 – Ketika perangkat dikonfigurasi mode “AP” maka LED ini akan menyala.
  5. LED Ethernet.
  6. LED PoE-Out.

Penggunaan
Untuk penggunakan perangkat MQS ini sangatlah simple dan mudah untuk digunakan, kita bisa melakukan remote terhadap perangkat yang dihubungkan via kabel ethernet pada perangkat MQS ini. Sebagai contoh kita akan meremote perangkat hAP ac Lite. Setelah perangkat hAP ac Lite terhubung via kabel ethernet, maka kita bisa melakukan remote perangkat via wireless pada perangkat MQS. Hubungkan smartphone pada SSID “RBMQS“.

Secara default, pada perangkat MQS tidak mengaktifkan fitur DHCP Server, sehingga ketika kita ingin melakukan remote maka diharuskan melakukan konfigurasi IP Static pada smarthphone. IP Default dari perangkat MQS ini adalah 192.168.88.1. Maka di sisi Smarthphone kita bisa menggunakan IP misalnya 192.168.88.10. Setelah wireless sudah berhasil terkoneksi, maka Kita bisa remote menggunakan smarthphone yang sudah diinstal aplikasi Mikrotik.

Note:

Perangkat MQS ini bukanlah perangkat pasif, kita bisa melakukan konfigurasi sederhana seperti mengganti SSID, melakukan konfigurasi DHCP Server, PoE-Out, dll. Untuk meremote dan mengkonfigurasi perangkat MQS ini bisa dilakukan melalui webfig, pada browser ketikkan alamat IP 192.168.88.1.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Copyright By IFANETINDONESIA !!