Begini Cara Hitung Kebutuhan Bandwidth untuk Youtube

IFANET INDONESIA, TIPS TRIK ( 15/06/2020 ) – Kali ini kita akan bahas seberapa besar sih pemakaian bandwidth untuk kategori user yang menggunakan HP dan user yang menggunakan Laptop untuk menonton konten Youtube. Seperti sama sama kita ketahui bahwa suatu sistem jaringan dikatakan kencang jika di lakukan tes pada saat putar Youtube dan hasilnya tidak loading/ buffering, bukan ???

System Penarikan Bandwidth Youtube

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui soal Bandwidth Youtube, antara lain :

  1. Youtube saat dijalankan diawal akan menarik Bandwidth semaksimal mungkin sesuai dengan ketersediaan bandwidth pada jaringan yang anda miliki.
  2. Saat penarikan bandwidth tersebut Youtube akan melakukan penarikan bandwidth secara bertahap dan berhenti beberapa saat sebelum menarik bandwidth lagi, yang ditandai dengan jalannya “garis berwarna abu-abu” pada player bagian bawah hingga posisi buffering bar full dan selanjutnya Youtube tidak akan menarik bandwidth lagi.
  3. Disaat Youtube tidak menarik bandwidth lagi maka user lain yang menggunakan Youtube akan diberikan “jatah” bandwidth yang tersedia pada system jaringan tersebut
  4. Jika anda ingin penggunaan bandwidth yang cukup dan merata pada suatu system jaringan internet pada semua pengguna Youtube secara bersamaan, maka solusinya anda WAJIB menggunakan MIKROTIK untuk pengaturan bandwidth Youtube yang merata agar tidak terjadi BUFFERING/LOADING.

Perhitungan Jatah Bandwidth untuk setiap Gadget

  • Untuk bandwidth yang digunakan pada Gadget Heandphone atau HP hanya sebesar 384kbps saja paling maksimal untuk setiap penarikan Bandwidth
  • Sementara untuk Gadget Laptop, hanya sebesar 768kbps secara hitungan efektif bandwidth yang dibutuhkan untuk setiap penarikan bandwidth.

Kok bisa bandwidth pada HP lebih sedikit daripada Laptop ??? hal ini disebabkan karena pada HP sudah terdapat aplikasi Youtube dimana beberapa konten aplikasi player sudah tersedia didalamnya tanpa perlu memerlukan tambahan pendukung software lainnya. berbeda dengan Laptop, saat kita ingin memutar konten Youtube pastinya kita membuka BROWSER ( Mozilla atau Google Chrome ) sebagai perantara untuk memutar Youtube.

Semoga Bermanfaat,-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *