Solusi Internet Pedesaan Daerah Terpencil

Jasa Setting Mikrotik – Internet yang saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok, layaknya kebutuhan akan sandang, pangan, dan

Jasa Setting Mikrotik – Internet yang saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok, layaknya kebutuhan akan sandang, pangan, dan lainnya. Tidak terkecuali untuk wilayah pedesaan di Indonesia yang tentunya mungkin sempat anda fikirkan untuk akses internet di wilayah pedesaan yang saat ini jauh dari perkotaan yang sudah terakses oleh jaringan internet kencang.

Besarnya Dana Desa Tahun 2017 tentu wajib dipikirkan untuk pengadaan internet pedesaan, setidaknya untuk akses internet pada kantor desa apalagi kantor kecamatan. Akses internet ini tentunya akan digunakan untuk laporan aplikasi online pedesaan seputar penggunaan dan pengelolahan dana desa secara realtime agar transparan dan jauh dari tindakan korupsi atau semacamnya. Selain itu tentunya masyarakat di wilayah pedesaan akan sangat bersyukur jika melalui kantor desa mereka bisa mendapatkan akses internet secara gratis walau mungkin minimal kecepatan antara 128kbps hingga 256kbps saja.

Yaaah … minimal wilayah pedesaan dapat menggunakan akses internet tersebut untuk mencari ilmu pengetahuan seputar pengolahan pertanian, pengairan atau lainnya terutama hal-hal yang menunjang pendidikan serta pengetahuan seputar kesehatan.

Solusi pengadaan internet pedesaan

Pengadaan internet pedesaan bisa diusulkan pengolahannya oleh kantor kecamatan atau langsung ke pusat pemerintahan setempat. Perangkat yang dibutuhkan sebenarnya tidaklah begitu banyak, namun untuk pengolahan perangkat jaringan tersebut tentunya tidak mudah dan anda perlu melakukan konsultasi pada kami, jika hal ini sudah terpikirkan sebelum anda membaca artikel ini.

Pengolahan internet pedesaan sebenarnya sudah kami lakukan sejak tahun 2009 untuk menghubungan 2 kabupaten dengan jarak udara sekitar 84 KM di wilayah Sulawesi Selatan. Tahun 2017 sekitar bulan Januari kami juga telah berhasil menghubungkan 2 wilayah extreme yang dipenuhi dengan halangan gunung terjal dengan jarak interkoneksi 21 KM ( Kabupaten Sinjai Kota ke Bikeru-Sinjai Selatan ).

Perangkat Internet Pedesaan, yang dibutuhkan, antara lain :

  • 2 buah mini tower dengan ketinggian antara 20-40 meter ( tergantung topologi wilayah )
  • 2 buah antena + radio aksespoint untuk menghubungkan internet secara wireless ( tanpa kabel )
  • 2 buah mini server ( routerboard ) untuk pengaturan management bandwidth serta security system yang lebih baik dan efisien.
  • perangkap backup system kelistrikan ( ups )
  • sumber koneksi internet yang stabil, dengan biaya operasional yang terjangkau oleh pendanaan dari dana desa yang dikelolah oleh pemerintah setempat.
  • dan perangkat pendukung lain yang diperlukan guna akses internet keberbagai perangkat, seperti laptop, hp, dan lainnya.

Untuk info selengkapnya seputar pembuatan dan solusi internet pedesaan, silahkan anda konsultasikan pada kami IFANET INDONESIA di +62 812 4298 9993.

Semoga Bermanfaat,-

Pin It

4 thoughts on “Solusi Internet Pedesaan Daerah Terpencil

    1. AUTHOR
    1. AUTHOR

Leave a Comment