Menghilangkan Virus .tfudet pada PC dan Laptop

Jasa Setting Mikrotik – Belakangan ini di komputer saya di kantor sangat banyak virus berekstensi tfudet. Tragisnya lagi virus ini bersembunyi ditiap folder file, jadi setiap kali membuka folder tersimpan selalu ada virus tfudet ini.

Penyebab virus ini muncul karena flasdisk, dan ternyata penyebab virus dari flasdisk lebih cepat terinfeksi dari pada internet. Jika flasdisk sering dipakai berganti-ganti komputer atau laptop apalagi kalau sering keluar masuk rental komputer. Kemungkinan flashdisk terinfeksi virus semakin besar. Selain dari flashdisk virus ini juga bisa menyebar melalui jaringan dengan cara share data sehingg ketika file dari komputer lain dibuka dari komputer yang telah terinfeksi virus .tfudet kemungkinan besar komputer yang bersih bisa terinfeksi dari komputer yang telah kena virus.

Namun pada kasus saya virus eml ini menginfeksi PC saya karena banyak keluar masuk flashdisk yang tertancap di komputer saya. Dan selama ini saya mengamati rekan-rekan saya yang sering membawa flashdisknya ke rental komputer kemudian flashdisk tersebut di tancapkan di komputer saya kebanyakan langsung kedetek sebagai virus oleh anti virus yang saya pasang.

Perlu diketahui anti virus yang saya pasang adalah AVG Free dan SMADAV Free juga. Maklum belum bisa beli yang premium jadi nyari yang free aja.

Dari antivirus yang saya pasang tadi ternyata tidak mampu mendeteksi virus berektensi .tfudet, virus ini kalau sudah dihapus selalu kembali. Seolah olah virus eml ini merestore system komputer yang telah diinfeksinya.

Menghapus virus eml dengan cara lewat CMD 

Caranya :

  1. a) Langkah pertama klik Start lagi atau tombol Windows + R kemudian ketik cmd untuk memunculkan command promp,b) Setelah muncul jendela Command promp ketikkan perintah berikut ini :
    del /s/f/q c:\*.tfudet          (untuk menghapus segala file ekstensi “eml” di drive c)
    del /s/f/q d:\*.tfudet        (untuk menghapus segala file ekstensi “eml” di drive d)
    del /s/f/q e:\*.tfudet          (untuk menghapus segala file ekstensi “eml” di drive e)    Silahkan diketik satu persatu perintah diatas, jangan sampai salah. Mulailah dari drive C, D, E atau sesuaikan dengan komputer atau lapotp anda.Dengan cara diatas virus eml dikomputer saya akhinya bisa hilang, tinggal menghapus virus tfudet di komputer lain.Demikian tutorial singkat tentang menghapus virus .eml di komputer. Nama virus eml sengaja tidak saya tulis karena kadang mirip dengan nama media yang ditularkan seperti ditempat saya namanya fd.tfudet, ada yang readme.tfudet

Kesimpulannya : Kalau ada file mencurigakan berektensi (nama).eml berarti itu adalah virus. Memang tidak terlalu membahayakan akan tetapi kadang bisa menginfeksi file bertipe .exe seperti file instaler.
Sehingga file bertipe .exe terdeteksi oleh anti virus saya sebagai virus. Jadi lebih baik mencegah dari pada mengobati.

You may also like...

Popular Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *