Block Port Scan di Mikrotik All Series

Jasa Setting Mikrotik – Port Scan adalah langkah pertama bagi peretas untuk menemukan port terbuka dari jaringan atau server

Jasa Setting Mikrotik – Port Scan adalah langkah pertama bagi peretas untuk menemukan port terbuka dari jaringan atau server Anda dan sangat berbahaya jika Anda membiarkan mereka melakukan scan tanpa pencegahan. Bahkan Anda mengubah dan menyembunyikan port default Anda mis. Port 8008 untuk HTTP, mereka akan menemukan port Anda dengan mudah menggunakan perangkat lunak pemindai port seperti Nmap, Angry Super Scanner, atau Super Scan. Ketika mereka menemukan port terbuka di jaringan Anda, mereka dapat memindahkan langkah lain seperti Bruteforce Attack untuk memecahkan nama pengguna dan kata sandi Anda.

Untuk melakukan pencegahan, kita harus membuat aturan firewall untuk memblokir siapa yang melakukan port scan jaringan Anda dan juga kita bisa merekam IP dari hacker tersebut, dengan cara memasukkan script pada Filter Rules di Mikrotik :

Dengan script tersebut, maka semua IP Address yang melakukan scanning akan diblok dan dimasukkan pada daftar address-list pada Mikrotik anda.

Semoga Bermanfaat,-

Pin It